Master Chin Kung mempromosikan Master Hai Xian
sebagai guru sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-14.
Enam alam tumimbal lahir bagaikan gelembung air di
lautan besar, mendadak muncul dan mendadak pula lenyap, muncul dan lenyap tidak
kekal, niat pikiran baru muncul dan yang lama segera lenyap, berlangsung terus
dalam siklus tak berujung. Manusia awam tidak mampu keluar dari lingkaran
tumimbal lahir, ini dikarenakan melekat pada rupa, melekat pada vedana
(perasaan), masalahnya terletak di sini.
Buddha membabarkan bahwa andaikata kita benar-benar
telah dapat melepaskan semua kemelekatan maka orang awam dapat mencapai
KeBuddhaan. Orang awam mencapai KeBuddhaan sangat cepat sekali, hanya terletak
pada sebersit niat pikiran saja, maka kesempurnaan segera tercapai. Bagaimana
caranya?
Cara yang digunakan Ajaran Sukhavati merupakan yang
paling praktis dan menakjubkan, yakni sepatah Amituofo, Master Hai Xian telah
membuktikan pada kita. Penetapan guru sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-14,
syaratnya adalah sosok yang telah memberikan kontribusi terbesar bagi
perkembangan Aliran Sukhavati pada masa kini, yang mampu menyelamatkan insan
yang tak terhingga, saya mempromosikan Master Hai Xian sebagai guru sesepuh
Aliran Sukhavati yang ke-14, apakah kalian setuju?
Saya telah belajar Ajaran Buddha selama 63 tahun,
berTrisarana pada Aliran Sukhavati lebih kurang telah ada 40 tahun, selama 40 tahun ini hasil yang telah
saya peroleh, saya limpahkan semua ini kepada Master Hai Xian, mengakuinya
sebagai guru, saya akan belajar padanya, saya mengakui Master Hai Xian sebagai
guru sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-14.
Dalam era besar ini, beliau telah menampilkan pada
kita cara untuk melatih diri, meraih keberhasilan sempurna, yakni dengan
melafal Amituofo berkesinambungan, tidak pernah beralih ke metode lainnya, ini
barulah cara praktis yang sesungguhnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31
Agustus 2014
六道輪迴像大海的水泡,忽生忽滅,生滅無常,生滅不住,前念滅了後念生,相似相續。凡夫出不了輪迴,就是因為取相、取受,問題在此地。佛教導我們,真正肯放下,真正能放下,凡夫就成佛了。凡夫成佛很快,一念之間,圓滿證得了。用什麼方法?淨宗的方法最為巧妙,一句佛號,海賢老和尚給我們作證。淨宗十四代的祖師,祖師的條件,在這個時代,對淨土宗做出最大的貢獻,度人無量,我推薦海賢老和尚是我們淨土宗第十四祖,你們贊不贊成?有沒有反對的?我學佛六十三年,歸心淨土大概有四十年,我這四十年的心得,迴向給海賢老和尚,依他做老師,我向他學習,我承認他是我們淨宗第十四代祖。在這個大時代裡面,為我們表演修學的方法,究竟圓滿成就,一句佛號念到底,不拐彎,這才叫真正的方便。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一00集) 2014/8/31
Guruku (Upasaka Li Bing-nan) telah menunaikan tanggungjawabnya kepada
diriku, ketika saya berusia 30 tahun lebih, guru menasehatiku agar belajar
Ajaran Sukhavati, melafal Amituofo, namun saat itu saya masih ambisius,
menganggap Ajaran Sukhavati adalah ajaran untuk Opa Oma. Saya menaruh minat
yang besar pada sutra dan sastra yang besar, belajar Avatamsaka Sutra,
Saddharma Pundarika Sutra, Surangama Sutra, Maha Prajnaparamita Sutra, belajar
“Maha Prajnaparamita Sastra”.
Saya menggunakan waktu selama beberapa puluh tahun untuk mempelajari
sutra dan sastra tersebut, yang diperoleh hanyalah pengetahuan umum Ajaran
Buddha, apakah hal ini dapat memutuskan klesa (kekotoran batin)? Tidak bisa.
Apakah ini dapat membuat pikiran kita jadi terfokus? Juga tidak bisa.
Maka itu, inilah yang disebut salah penafsiran, sesungguhnya pintu
Dharma tersebut adalah diperuntukkan bagi praktisi yang memiliki akar
kebijaksanaan yang superior, sedangkan saya sendiri bukanlah praktisi yang
memiliki akar kebijaksanaan yang superior, jadi saya melatih pintu Dharma
pelafalan Amituofo saja, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo,
dengan begini saya memiliki kepastian, sedangkan jika melatih metode lain, saya
tidak memiliki kepastian.
Untuk memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati, maka kita harus
bisa meneladani Master Hai Xian, terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa
rintangan, tak perlu bantuan orang lain membantu kita melafal Amituofo, karena
kegiatan Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo) adalah diperuntukkan
bagi mereka yang tidak memiliki keyakinan yang teguh, ini tidak bisa diandalkan.
Jangan masuk kembali ke enam alam tumimbal lahir lagi, kali ini anda
telah datang dan menyaksikan betapa menderitanya kehidupan manusia! Untuk
terlahir kembali menjadi manusia tidaklah gampang, hanya bila lima sila dan
sepuluh kebajikan dapat terlaksana dengan bagus barulah dapat terlahir kembali
jadi manusia. Sedangkan sepatah Amituofo ini asalkan dilafal dengan berkesinambungan
maka dapat terlahir ke Alam Sukhavati, mengapa tidak membangkitkan keyakinan
dan tekad terlahir ke sana?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2014
我的老師對得起我,我在三十幾歲的時候老師就勸我修淨土,念佛,我那個時候好高騖遠,認為淨土是老太婆教。對大經大論非常嚮往,學《華嚴》、學《法華》、學《楞嚴》、學《般若》、學《大智度論》,搞這些東西。這些東西搞了幾十年,知識,佛學知識,能不能斷煩惱?不能。能不能叫心定下來?不能。所以這真正認錯,真正知道那個法門是大根器人修的,我不是大根器的人,我修念佛這個法門,信願持名,我有把握,搞別的沒把握。往生要學海賢老和尚,自在往生,不必要人助念,助念那是沒有信心,那是不可靠。不要再搞六道輪迴了,六道這個人道這次來,看到做人多辛苦!來生得人道很不容易,五戒十善修得好才能得人身,這一句佛號念得好,生極樂世界,為什麼不去?
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一0一集) 2014/8/31
Harus yakin bahwa sepatah Amituofo, merupakan nama umum dari seluruh
Buddha, dengan melafal sepatah Amituofo berarti telah melafal nama semua
Buddha, satupun takkan ketinggalan. Sepatah Amituofo juga merupakan mantra
sakti yang di dalamnya meliputi keseluruhan pintu Dharma, semuanya sudah
dilafal di dalam sepatah Amituofo, satupun tidak ketinggalan.
Di dalam sepatah Amituofo juga telah meliputi semua ajaran sutra yang
dibabarkan oleh seluruh Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru, semua ini ada
di dalam sepatah Amituofo, jasa kebajikan dari nama ini sungguh tak
terbayangkan.
Anda tidak sudi melafalnya, ini karena anda tidak memahami bahwa ini
adalah mustika, anda tidak mengenalinya, setelah anda jelas akan hal ini, anda
telah memahaminya, mengenalinya, apakah mungkin anda tidak bersedia melafalnya?
Meskipun tidak makan dan tidak tidur juga harus melafalnya. Manfaat dari
melafal sepatah Amituofo ini adalah tak terhingga dan tanpa batas, sungguh tak
terbayangkan, di luar jangkauan pikiran, mengapa anda tidak melafalnya?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2014
要相信這一句佛號,在顯教裡面講,是一切諸佛如來的總名號,念這個名號,所有一切諸佛如來全部念到,一個都沒漏。在密宗裡面講神咒,這一句佛號是神咒裡頭的大總持法門,全念到了,也是一個不漏。教下講,這一句阿彌陀佛這個名號,包括十方三世一切諸佛所說的一切經教,都在這名號之中,名號功德不可思議。你不肯念,是你不知道它是寶,你不認識它,你真正搞清楚、搞明白,認識了,你能不念嗎?不吃飯不睡覺也要念。念這個佛號得的利益無量無邊,不可思議,無法想像,為什麼不幹?
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一0一集) 2014/8/31
Tubuh jasmani ini adalah semu dan bukan nyata, manusia terdiri dari nama
dan rupa, tubuh jasmani merupakan rupa, sedangkan nama terdiri dari vedana
(perasaan), sankhara (bentuk-bentuk pikiran), sanna (pencerapan) dan vinnana
(kesadaran), maka itu semua ini adalah semu, pada dasarnya tidak eksis. Kita
sendiri tidak menyadarinya maka itu masih mendambakan dan mengejar ketenaran
dan keuntungan, masih suka pada keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan
dan kecurigaan, menurut anda bukankah ini sungguh memprihatinkan? Untuk
siapakah mereka berjuang mati-matian?
Setelah memahami dengan jelas akan kebenaran ini, barulah anda bersedia
melepaskannya. Begitu anda melepaskannya, maka di dunia ini takkan ada lagi
masalah, saat enam landasan indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan
pikiran) mengadakan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan,
rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), maka niat takkan timbul dan pikiran
juga takkan tergerak lagi, inilah yang disebut dengan melepaskan pisau jagal
langsung mencapai KeBuddhaan.
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai KeBuddhaan? Sebersit
niat pikiran, sebersit niat pikiran dialihkan kembali. Mengapa tidak mampu
dikembalikan seperti sedia kala? Karena tidak tahu bahwa segala sesuatu itu
adalah semu, andaikata memahami bahwa itu adalah semu, maka dia akan
melepaskannya, kembali pada jiwa sejati, kembali pada Jiwa KeBuddhaan. Maka itu
melatih diri dalam Buddha Dharma tiada yang lain, yakni melepaskan kemelekatan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2014
身是假的不是真的,身是物質現象,有思想,有受想行識,有心理現象、生理現象,生理現象是色身,物質;精神,有心理現象,全是假的,根本就不存在。我們自己不知道,還要爭名逐利,還要搞貪瞋痴慢疑,你說冤不冤枉?為誰搞的?真正把事實真相搞明白、搞清楚了,你才真肯放下。這一放下,天下本無事,六根在六塵境界上再不起心動念了,那就是放下屠刀,立地成佛。成佛需要多少時間?一念,這一念轉過來。為什麼轉不過來?不知道是假的,知道是假的,他就肯放棄,轉過來了,轉過來就成佛了。所以佛法修行沒有別的,就是放下。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一0一集) 2014/8/31