Setiap perayaan Imlek, tempo dulu di Taiwan,
vihara-vihara memiliki kebiasaan mengadakan kebaktian membaca “Pertobatan
Sepuluh Ribu Buddha”, yakni bernamaskara pada Sepuluh Ribu Buddha, berapa nama
Buddha yang tercantum di dalam “Pertobatan Sepuluh Ribu Buddha”? Yakni lebih
dari 12 ribu nama Buddha. Jumlah para Buddha di sepuluh penjuru adalah tak
terhingga dan tak terbatas, jika hanya bernamaskara pada Sepuluh Ribu Buddha,
maka berapa banyak yang akan ketinggalan? Berapa lagi yang belum anda lakukan
namaskara padaNya? Bagaimana agar bisa sempurna?
Bernamaskara pada satu rupang Buddha Amitabha saja,
maka sudah sempurna. Mengapa demikian? Sepatah Amituofo merupakan nama umum
dari seluruh Buddha, dengan melafal Amituofo maka telah melafal nama dari
seluruh Buddha, semua nama Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru, tiada
satupun yang tertinggal. Setelah saya memahami dengan jelas akan kebenaran ini,
maka setiap hari saya melafal Amituofo, maka nama seluruh Buddha telah saya
lafal; saya bernamaskara pada Buddha Amitabha, setiap hari saya melakukan
namaskara selama satu jam, dari pukul 5 sampai 6 pagi.
Tekun berusaha juga harus terfokus, di dunia ini
tidak ada hal yang sulit, hanya dikhawatirkan anda tidak terfokus, bila pikiran
tidak terfokus, bagaimana mungkin anda bisa mencapai samadhi? Bagaimana mungkin
anda bisa mencapai pencerahan?
Cara pengajaran ini diturunkan sejak jaman dahulu
kala, Buddha juga serupa, para leluhur Tiongkok juga serupa, yakni menfokuskan
diri pada satu pintu Dharma, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang,
pasti harus terfokus pada satu pintu Dharma, tujuannya adalah untuk mencapai pencerahan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 September 2014
我們過年,過去在台灣,寺院裡頭習慣拜萬佛,《萬佛懺》,《萬佛懺》裡面有多少佛名?一萬二千多,佛的名號。十方諸佛無量無邊,拜萬佛漏掉多少沒拜,不圓滿。怎麼圓滿?拜這一尊阿彌陀佛就圓滿了。為什麼?這個名號是一切諸佛的通號,是一切諸佛的總名號,念阿彌陀佛全都念到了,十方三世一尊佛都不漏。我把這個搞清楚、搞明白了,我每天念佛阿彌陀佛,遍法界虛空界全念到了;我拜佛就拜阿彌陀佛,我現在每天是拜佛一個小時,早晨五點到六點。用心要專,天下無難事,就怕心不專,心不專、心不一,你怎麼能得三昧?你怎麼能開悟?
這種教學的理念、方法都是自古傳下來的,佛如是,中國傳統亦如是,就是一門深入,長時薰修。一定要一門,目的?目的是開悟。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一0五集) 2014/9/8