Sampai di Alam Sukhavati, tubuh dan rupa kita akan serupa dengan Buddha
Amitabha. Rupa Buddha Amitabha sungguh menakjubkan tiada taranya, rupa yang
akan kita peroleh setelah terlahir ke Alam Sukhavati ini, merupakan rupa yang
tiada duanya di sepuluh penjuru alam. Mengapa demikian? Setelah membaca bagian
akhir dari 48 tekad agung, barulah kita memahami hal ini.
Darimana asalnya Alam Sukhavati? Ini bukan hasil kreasi Buddha Amitabha,
juga bukan ada pihak lain yang membantu Buddha Amitabha untuk mendesainnya,
tetapi adalah Buddha Lokesvararaja mengajari Bhiksu Dharmakara untuk mengamati
alam para Buddha di sepuluh penjuru, lalu menyeleksinya, yang buruk diabaikan
dan hanya mengambil yang baik saja, barulah kemudian mewujudkan Alam Sukhavati.
Maka itu Alam Sukhavati boleh dikatakan sebagai, baik kewibawaan Buddha
Amitabha dan para Bodhisattva penduduk Alam Sukhavati, maupun kewibawaan
lingkungan negeri tersebut, ia merupakan esensi dari apa yang terbaik dari
seluruh alam para Buddha, maka itu seluruh alam para Buddha lainnya tidak dapat
sebanding dengannya, beginilah asal usulnya.
Pilihan kita untuk terlahir ke Alam Sukhavati pasti tidak salah, karena
segala apa yang terbaik dari seluruh alam para Buddha ada di Alam Sukhavati, ke
mana lagi anda hendak menuju? Tentunya ini merupakan pilihan insan pintar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Desember 2014
我們往生到極樂世界,身相跟阿彌陀佛完全相同。阿彌陀佛的身端嚴微妙到極處,我們往生到極樂世界所得的身相,可以說在遍法界虛空界一切眾生身相裡面沒有他這樣莊嚴微妙的。為什麼?到後面四十八願我們就明白了。極樂世界從哪來的?不是佛想像出來的,也不是有人幫助阿彌陀佛策劃出來的,而是世間自在王佛教導法藏比丘到十方諸佛剎土裡面去考察、去參觀、去選擇,凡是不善的都不要,凡是好的統統採納,回來建造西方極樂世界。所以極樂世界可以說是,無論是正報、依報,它是集一切諸佛剎土裡面真善美慧的精華,所以一切佛土不能跟它比,它是這麼來的。我們往生到極樂世界就決定沒錯,所有一切諸佛土的精華都集中在極樂世界,你要到哪裡去?當然這是一個聰明人首選的。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一四五集) 2014/12/10
Diantara pintu Dharma yang tak terhingga, kita telah bertemu dengan
pintu Dharma istimewa yang terunggul tiada taranya, sungguh beruntung
sekali! Bertemu dengan pintu Dharma
lainnya, anggap saja menanam akar kebajikan, belum tentu dalam satu kehidupan ini
bisa berhasil; tetapi bertemu dengan pintu Dharma Aliran Sukhavati, semuanya
bisa meraih keberhasilan. Harus percaya pada ucapan Master Shan Dao, “Puluhan
ribu praktisi yang melatihnya maka puluhan ribu pula yang berhasil terlahir ke
Alam Sukhavati”.
Praktisi pelafal Amituofo yang tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati,
ini dikarenakan dia tidak benar-benar melatih diri, hanya berpura-pura saja, di
dunia ini dia masih serakah akan ketenaran dan keuntungan, maka itu ketamakkan
harus dilenyapkan barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Ketamakkan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan, adalah lima
butir akar Neraka, setelah kebijaksanaan berkembang maka takkan ada kecurigaan
lagi. Lima butir ini merupakan lima rintangan besar, harus menghapus hingga ke
dasarnya, di sinilah peranan ketrampilan melatih diri, dengan menggunakan cara
apa? Yakni, keyakinan, tekad, melafal Amituofo.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Desember 2014
無量法門裡頭,無比殊勝第一法門被我們遇到了,太幸運了!遇到別的法門種善根,不一定這一生能成就;遇到這個法門,個個都能成就。要相信善導大師的話,「萬修萬人去」。修淨土的人不能往生,他沒真修,他搞假的,他對這個世間還有貪圖。貪圖名聞利養不能往生,貪圖度眾生也不能往生,決定要把貪心斷掉才能往生。貪瞋痴慢疑,地獄五條根,智慧開了就不懷疑了。這五個字,五大障礙,要把它徹底剷除,功夫就在此地。用什麼方法?信、願、持名,就用這個方法。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一四五集) 2014/12/10
Membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo merupakan metode yang
mudah, hanya senantiasa melafal Amituofo, dalam segala waktu dan tempat melafal
berkesinambungan tak terputus. Belajar untuk melafalnya di dalam hati, saat
melafal jangan terlalu cepat, setiap suku kata harus dilafal dengan jelas, dan
mendengarnya dengan jelas.
Bagaimana cara mendengarnya? Telinga harus mendengar suara dari dalam
hati, mendengarnya dengan jelas sepatah demi sepatah, dilafal dengan jelas,
mendengar lafalan Amituofo dengan jelas merupakan hal yang begitu penting. Bila
anda dapat mendengar dengan jelas setiap suku kata yang dilafal, maka khayalan
takkan muncul; andaikata anda tidak mendengarnya maka khayalan dan
bentuk-bentuk pikiran akan timbul, sehingga merusak ketrampilanmu dalam melafal
Amituofo.
Maka itu harus mendengar, ini merupakan metode melatih diri Bodhisattva
Avalokitesvara, Bodhisattva Avalokitesvara menggunakan indera pendengaran,
Beliau bukan mendengar suara dari luar, namun mendengar suara di dalam diriNya.
Pintu Dharma apa yang dilatih oleh Bodhisattva Avalokitesvara sehingga dapat berhasil?
Bila dipikirkan, tentu saja juga melafal Amituofo dan mencapai keberhasilan.
Bodhisattva Mahasthamaprapta meraih keberhasilan dengan cara melafal Amituofo,
Bodhisattva Avalokitesvara juga serupa.
Hari ini kita memadukan metode dari
Bodhisattva Avalokitesvara dan
Bodhisattva Mahasthamaprapta, kita mendengar suara lafalan Amituofo,
jangan mendengar yang lainnya, yakni hal
lainnya jangan taruh di hati, di hati hanya ditaruh Amituofo saja.
Dalam menangani urusan, segalanya dilakukan dengan jelas, setelah
selesai jangan ditaruh hati, seolah-olah tidak ada yang terjadi, di hati hanya
ada sepatah Amituofo, aktivitas apapun takkan menghalangi anda untuk melafal
Amituofo.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Desember 2014
信願持名簡單,就這一句阿彌陀佛,要常念,一切時一切處不要中斷。學默念,心裡念,心裡聽。念得不要快,阿彌陀佛,這樣速度就行,每一個字念得很清楚、聽得很清楚。怎麼聽?耳要聽裡面的聲音,不開口念,默念有聲音。耳要專聽裡面的佛號,聽得清清楚楚,念得清楚、聽得清楚比什麼都重要。你能字字聽清楚,就不會有妄念進來;你要是不聽,它就有妄想、有雜念,把你念佛的功夫都破壞了。所以一定要聽,這種聽就是觀世音菩薩修行的方法,觀音用耳根,「反聞聞自性」,他不是聞外面,他聞裡面的。觀音菩薩修什麼法門成就的?想必也是修念阿彌陀佛成就的。大勢至菩薩是念阿彌陀佛成就的,觀音菩薩也不例外。我們今天把觀音、勢至的方法合而為一,就是觀音菩薩的反聞,我們聞什麼?我們只聞阿彌陀佛,其他的都不要聞,也就是其他的都不要放在心上,心上只放阿彌陀佛,阿彌陀佛以外東西都不要放在心上。事情來了很清楚,事情辦完了若無其事,絕不把這些事情放在心上,只把阿彌陀佛放在心上,你在這個世間無論幹什麼事情都不障礙。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一四五集) 2014/12/10
Sampai di Alam Sukhavati, dirimu takkan terpisah
lagi dengan Buddha Amitabha, setiap hari anda bisa berada bersamaNya, maka itu
tidak boleh tidak terlahir ke Alam Sukhavati. Sampai di Alam Sukhavati
memperoleh tubuh Narayana, tubuh kokoh yang takkan rusak, tubuh ini sungguh
menakjubkan, tidak perlu makan dan tidak perlu tidur, bukankah ini sangat bagus.
Di alam ini, berapa banyak waktu kita yang tersita untuk keperluan makan dan
tidur, waktu kita jadi terbuang sia-sia.
Penduduk Alam Sukhavati tidak memerlukan makan dan tidur, waktu mereka
adalah sempurna, maka itu penduduk di sana semuanya rajin melatih diri. Anda
juga tidak bisa tidak rajin melatih diri, karena Buddha Amitabha berada di
sampingmu selalu mengingatkan dirimu. Pintu Dharma apapun yang ingin anda
pelajari, sampai di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha akan mengajarimu, waktu
yang tersedia juga terpenuhi. Di Alam Sukhavati kita pasti memperoleh
kesempurnaan, mencapai KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Desember 2014
到極樂世界,你跟阿彌陀佛不會離開了,你常常在他身邊,那是當來見佛。將來到極樂世界,你根本就不離開阿彌陀佛。這都是真的不是假的,我們能不去嗎?到西方極樂世界得到的身體,金剛不壞身,這個身體非常微妙,不需要飲食、不需要睡眠,你說有多好。我們這個飲食睡眠耽誤多少時間,這個時間全是浪費掉。極樂世界人不需飲食、不需睡眠,他的時間是完整的。所以那個地方人真精進。你不精進不行,阿彌陀佛在旁邊提醒你。無論你想學什麼法門,到極樂世界,阿彌陀佛都會教你,有的是時間。在極樂世界決定是一生圓滿,證得無上正等正覺。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一四五集) 2014/12/10