Senin, 22 Desember 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Desember 2014



Apa makna dari berdana? Berdana adalah melepaskan kemelekatan. Para makhluk tidak ada yang tidak terlena oleh harta, rupa, ketenaran dan keuntungan, Buddha mengatakan pada kita, untuk menimbun harta ada aturannya, harus diketahui darimana asal usul harta kekayaan tersebut, jika tidak ada di dalam garis hidup maka janganlah mengejarnya, mengapa demikian? Karena tidak mungkin bisa diperoleh.

Orang tempo dulu memahami hal ini, percaya pada sebab akibat, “apa yang diterima dalam kehidupan ini telah ada di dalam garis hidup, bukan ada insan lain yang mengaturnya”.

Hari ini orang-orang mengejar kekayaan dengan mati-matian, menghalalkan segala cara, setelah berhasil mendapatkannya, ini dikarenakan memang ada dalam garis hidupnya, maka itu buat apa mati-matian mengejarnya? Bagaimana pula jika tidak dikejar? Dia akan datang dengan sendirinya, aturan ini hendaknya kita pahami.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Desember 2014


布施是什麼意思?布施就是放下。眾生沒有不迷於財色名利,佛告訴我們,生財有大道,一定要知道財從哪裡來的,命裡有,命裡沒有別求,為什麼?求不到。古人懂得這個道理,相信因果,「一生皆是命,半點不由人」。今天人拼命去求,不擇手段去求,求到了,跟古人講的有沒有違背?沒有。為什麼?他命裡有的,他命裡沒有,求也求不到。求到是命裡有的,你何必求?不求怎麼樣?它自然來了,這個道理我們要懂。


文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四六集)  2014/12/12










Bagaimana cara kita untuk menghindari bentuk-bentuk pikiran? Asalkan di dalam hati ada Amituofo maka bentuk-bentuk pikiran takkan muncul. Apakah kita perlu dengan sengaja melenyapkan bentuk-bentuk pikiran ini? Tidak perlu, asalkan di dalam hati ada Amituofo, maka bentuk-bentuk pikiran takkan muncul.

Di dalam satu detik hanya ada sepatah Amituofo, atau Namo Amituofo, sehingga bentuk-bentuk pikiran takkan timbul. Setiap detik melafal Amituofo, lama kelamaan bentuk-bentuk pikiran takkan ada lagi, muncullah pikiran yang suci.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Desember 2014


我們怎樣離開煩惱?心裡面有阿彌陀佛,煩惱就不見了。煩惱要不要刻意去斷它?不需要,心有彌陀,煩惱就不見了。一秒鐘裡頭只有一句阿彌陀佛,或者是南無阿彌陀佛這一句佛號,不可能有一個煩惱進去。秒秒都是阿彌陀佛,有煩惱進不去,念久了煩惱自然不見了,清淨心現前。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四六集)  2014/12/12











Praktisi yang dengan tulus melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, sepanjang hidup ini, lingkungan tempat hunian adalah diatur oleh Buddha Amitabha, kita tidak perlu buang-buang tenaga dan pikiran, tidak perlu memikirkan dan mengkhawatirkannya. Menerima apa adanya dan hidup dengan tenang, apapun bagus, dengan selamat melewati satu kehidupan ini, kelak terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah tujuan akhir dari kita melatih Ajaran Tanah Suci. 

Maka itu keyakinan dan tekad lebih penting dari segalanya. Para Buddha juga menyebut bahwa pintu Dharma ini merupakan pintu Dharma yang sulit dipercaya, namun kita dapat meyakini pintu Dharma ini, ini menunjukkan bahwa pada masa kelahiran lampau kita pernah mempelajari pintu Dharma ini.

Setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, Buddha membabarkan di dalam sutra bahwa, praktisi ini pada masa kelahiran lampaunya, setiap kelahirannya, telah memberi persembahan kepada para Buddha yang tak terhingga, pada masa kelahiran ini bertemu lagi dengan pintu Dharma ini, akan memperoleh pemberkatan dari para Buddha yang tak terhingga.

Maka itu anda takkan meragukannya, anda dapat meyakininya, benar-benar ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka pada kelahiran ini dapat menyempurnakan niat hatimu.          

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Desember 2014


真心念佛求生淨土,這一生所處的環境全是阿彌陀佛安排的,我們省心省事,不要去想。隨遇而安,什麼都好,平平安安度過這一生,將來往生到極樂世界去,這是我們修淨土終極的目標。所以信願比什麼都重要。這個法門,諸佛如來都稱之為難信之法,難信能信,說明我們過去生中曾經學過這個法門。每一個真正往生的人,佛在大經上都說,那個人過去生中生生世世供養無量諸佛如來,這一生遇到了,又遇到這個法門,會得到無量諸佛加持你。所以你不懷疑,你能相信,你真正想生西方極樂世界,這一生可以圓滿你的心願。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四六集)  2014/12/12









Sepatah Amituofo dilafal dengan pikiran terfokus, jangan sampai terpencar dan bercabang. Mungkin anda masih harus belajar banyak-banyak, bagaimana mungkin bisa terfokus? Saat anda mempelajari ajaran sutra atau pelajaran lainnya, maka untuk sementara boleh berhenti melafal Amituofo, pikiran difokuskan untuk belajar; setelah selesai belajar maka buku ditutup dan kembali melafal Amituofo, takkan menghalangi aktivitas kita.

Aktivitas yang tidak memerlukan berpikir, yang menggunakan tenaga, maka sama sekali tidak menghalangi kita melafal Amituofo. Seperti Master Hai Xian sambil bercocok tanam di ladang sambil melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus. Anda melihat beliau bekerja sepanjang hari, apakah tidak capek? Sudah dilupakannya, dia hanya peduli pada lafalan Amituofo. Jiwanya sedang melafal Amituofo sementara raganya sedang bekerja, sama sekali tidak mengganggu pekerjaannya.

Maka itu kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada, agar jangan sampai aktivitas harian dan melafal Amituofo saling bertentangan, diri sendiri juga tidak merasa kelelahan. Oleh karena dia tidak terpikir akan pekerjaannya, aktivitasnya telah menjadi kebiasaan, seperti mesin yang bergerak dengan sendirinya, di dalam hatinya lafalan Amituofo terus bergema, berkesinambungan tak terputus.

Saat menjalani aktivitas sehari-hari, mengenakan pakaian, menyantap makanan, ketika ditanya, Master Hai Xian akan menjawab, saya sedang melafal Amituofo. Ketika memanjat pohon untuk merapikan rantingnya, dia juga mengatakan bahwa dia sedang melafal Amituofo. Saat bercocok tanam di ladang, dibawah terik matahari, dia juga tidak merasa kepanasan, dia sedang melafal Amituofo. Ketrampilannya melafal Amituofo yang berkesinambungan tak terputus ini patut kita teladani. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Desember 2014


這一句佛號只要你專念,不要有夾雜。那我還要學很多東西,我怎麼專法?學習經教、學習課程,把念佛放下,專心學經教;學完了,下課了,書本合起來,佛號就提起來,不礙事,這是學經教。如果不是用意念的,是用勞力的,那根本不妨礙。像海賢、海慶,他們都是用勞力,修苦行,田裡面耕種,他佛號不間斷。你看到他在工作,工作時間長,不累嗎?忘掉了,他在念佛。他心裡在念佛,身體在工作,不礙事。所以我們要會用,會用時間,讓它互相不發生衝突,自己又不覺得累。因為他沒有想到在工作,工作成了個習慣,像機器一樣,它自然在動,心裡面佛號一句接著一句,佛號不中斷。生活、穿衣、吃飯,要問,他告訴人我在念佛。上樹修理樹枝,也告訴人家我在念佛。田地裡面工作,大太陽之下,他也沒有覺得熱,他在念佛。念佛功夫不間斷,這是我們應該要學的。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四六集)  2014/12/12







Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, memiliki banyak pengikut, diantaranya ada 16 orang raja yang merupakan penguasa kerajaan-kerajaan besar, namun sepanjang hidupnya, Buddha tidak memiliki vihara, melepaskan semua kemelekatan. Ini sangat beralasan, karena dengan memiliki vihara maka memiliki pula masalah, maka itu Buddha tidak memiliki vihara. 

Saya (Master Chin Kung) juga meneladani Buddha Sakyamuni, sepanjang hidup tidak memiliki vihara, persembahan dari umat, saya gunakan untuk melakukan kebajikan, mewakili mereka melakukan kebajikan. Begitu leluasanya, sepanjang hidup tidak perlu mengurus orang, tidak perlu menangani urusan, juga tak perlu mengatur keuangan, bukankah ini sangat bebas. Begitu kita mulai mengurusi hal ini maka batin kita juga mulai terkotori. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Desember 2014


釋迦佛在世學生眾多,學生裡面有十六個是當時的大國國王,十六國王。一生沒有道場,萬緣放下。很有道理,有道場就有麻煩,所以他沒有道場。我學釋迦牟尼佛,一生不搞道場,人家供養我的,我拿去做好事,替他做好事。這樣自在,一生不管人、不管事、不管錢,你說多自在。一管就被染污了,你的心就不清淨了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四六集)  2014/12/12