Sabtu, 19 Juli 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2014



Keuntungan terbesar dari penghuni Alam Sukhavati adalah tidak memerlukan makanan dan minuman, tidak menjadi lemah, jasmani juga menjadi bersih, tidak memerlukan makan minum, tidak memerlukan tidur. Alam Sukhavati merupakan alam yang terang, tiada malam hari, Alam Sukhavati tiada kegelapan, hanya ada cahaya cemerlang. Alam Buddha ini sungguh istimewa.

Maka itu, Buddha menjelma untuk menyelamatkan para makhluk, sedangkan para Bodhisattva penghuni Alam Sukhavati juga menjelma jadi tak terhingga, tak terbatas, tak terhitung dan tiada habisnya, untuk menuju ke sepuluh penjuru alam melakukan namaskara pada para Buddha.

Di sepuluh penjuru alam terdapat para Buddha Tathagata yang tak terhingga dan tanpa batas, para Bodhisattva penghuni Alam Sukhavati menjelma melakukan namaskara pada Buddha, memberi persembahan kepada Buddha adalah memupuk berkah, mendengar pembabaran Dharma dari Buddha adalah mengembangkan kebijaksanaan.

Melatih diri sehari di Alam Sukhavati, meskipun di alam lainnya melatih diri hingga kalpa tak terhingga juga tak sebanding, di Alam Sukhavati hanya dalam waktu sehari sudah bisa mewujudkannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2014


 極樂世界的人最大的好處,不需要飲食,沒有便溺,身體乾淨,不需要飲食,不需要睡眠。極樂世界光明世界,沒有夜晚,極樂世界沒有黑暗,都是光明。這個世界難得。

所以,佛化身去接引眾生,菩薩個個都化無量無邊無數無盡之身,幹什麼?到十方世界去拜佛。十方世界有無量無邊諸佛如來,分身到那裡去拜佛,供養佛修福,聽經聞法開智慧。所以分身就過去了,極樂世界修行一天,其他世界無量劫也比不上,他一天就能做到。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第七十四集)  2014/7/11 








Kini saya memberikan ceramah, tetapi mereka yang bisa memahaminya tidaklah banyak, mungkin hanya 20 orang saja juga tidak ada, tidak mudah. Mengapa tidak mampu memahami isi ceramah? Pikiran yang tidak tenang, khayalan yang terlampau banyak, bentuk-bentuk pikiran yang terlalu banyak, urusan yang terlalu banyak, tidak mampu melepaskan hal-hal yang membuatmu khawatir, maka merintangi anda mendengar ceramah.  

Jika benar-benar ingin terlahir di Alam Sukhavati, maka harus melepaskan kemelekatan, apapun juga harus dilepaskan. Urusan di dunia ini, terkadang memang memerlukan uluran tangan dari kita. Terhadap hal yang dapat memberi manfaat bagi para makhluk, maka sepatutnya memberi bantuan. Setelah membantu maka jangan taruh di hati, agar di dalam pikiran hanya ada Buddha Amitabha saja, selain Amituofo tidak ada lagi yang lainnya, barulah anda akan memperoleh “pikiran terfokus tak tergoyahkan”.

Melafal Amituofo dan belajar pada Buddha Amitabha, sampai di Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, ini sangat penting, lebih penting dari segala-galanya. Urusan sepenting apapun dalam kehidupan manusia tiada yang lebih besar lagi daripada hal ini, kita harus bisa membedakannya dengan jelas, setelah memahaminya, segala hal lainnya adalah semu, segala masalah adalah hal sepele, bukanlah urusan yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2014


  我現在講經,真正聽得懂的人不多,大概二十個都找不到,不容易。為什麼你聽不懂?心浮氣躁,妄想太多,雜念太多,事務太多,牽腸掛肚的事情你放不下,就障礙你聽經。

真正想往生極樂世界,不放下不行,什麼都得放下。世間這些事務,有些是要幫忙,為什麼?對眾生有利益,應該要幫忙。幫了了不要放在心上,讓心裡面只有一尊阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,你才能得一心不亂。念佛往生親近阿彌陀佛,到極樂世界去作佛,這個重要,比什麼都重要。人生大事沒有比這個更大的了,我們得要認識清楚,搞明白,其他的統統是假的,統統是小事,不是真事。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第七十四集)  2014/7/11 









Kritikan dan fitnahan akan menyebabkan timbulnya keraguan di dalam masyarakat, terhadap Buddha Dharma, terhadap semua ajaran agama jadi kehilangan keyakinan. Akibat dari perbuatan ini sungguh besar sekali, kehilangan keyakinan ini di dalam sutra disebut sebagai memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya insan lain, dosa ini lebih berat daripada membunuh tubuh kasar manusia. Anda memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya-nya, buah akibatnya adalah jatuh ke neraka, sungguh mengerikan, tindakan ini tidak boleh dilakukan.

Saat kita mendengar fitnahan, lekaslah melafal Amituofo di dalam hati, jangan biarkan hal lainnya datang mengganggu, lindungi hati suci diri sendiri, keseimbangan batin. Jika memang tidak sanggup menahan diri lagi, maka segeralah menjauh; jika masih dapat bertahan maka lafallah Amituofo, dia menfitnah kami, kami melafal Amituofo melimpahkan jasa kebajikan kepada dirinya, ini baru betul, semoga dapat mengurangi beban karma buruknya.

Terhadap orang, masalah dan makhluk lainnya haruslah dapat membedakan dengan jelas kenyataan yang sesungguhnya, dipahami dengan benar, jika tidak memahaminya dengan jelas dan seksama, lalu melontarkan kritikan, fitnahan, sangat mudah menjatuhkan tuduhan yang tidak benar pada orang lain. Insan yang diperlakukan dengan sangat tidak adil, tiada tempat untuk mengadu, akibat dari karma ini siapa yang akan menanggungnya? Si pelaku saat sekarang belum menyadarinya, setelah mati akan jadi mengerti, saat itu menyesal sudah terlambat.

Para insan suci dan bijak, para Buddha dan Bodhisattva, para guru sesepuh juga mengajari kita, belajar Ajaran Buddha harus melatih Ksanti Paramita (kesabaran),  “Pertapa Kesabaran” adalah contoh teladan yang baik bagi kita. Bila mendapat perlakuan yang tidak adil juga tak perlu mengeluh, dengan demikian mengeliminasi rintangan karma diri sendiri, menambah jasa kebajikan diri sendiri, tidak perlu membela diri dan mencari keadilan bagi diri sendiri, tidak perlu membalas dendam, tidak boleh.

Ajaran Mahayana terutama Ajaran Sukhavati, di dalam hati memandang semua makhluk sebagai Buddha, bernamaskara dan menghormati para Buddha, memuji Tathagata, takkan ada fitnahan. Dia menfitnahku, menghinaku, mencelakaiku, saya tetap akan berterimakasih padanya, mengapa demikian? Membantuku mengeliminasi rintangan karma.

Kelahiran ini saya tidak melakukan karma buruk yang berat, namun mungkin pada masa kelahiran lampau melakukannya, beberapa kelahiran atau kalpa yang lampau. Dengan penuh sukacita menerimanya, segala fitnahan sudi ditanggung, bagus, di hati tiada ganjalan, sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan, di dunia ini tiada yang kita inginkan, namun hanya memohon terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu kita bisa hidup berdampingan dengan harmonis dengan semua insan, tidak bersaing dengan orang lain, tiada yang diinginkan. Jika ada persaingan dan keinginan maka akan terjadi pertentangan, kita tidak memiliki keinginan maka takkan ada pertentangan, dengan semua orang tidak bertentangan, sungguh suci, seimbang dan tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2014


 批評、毀謗讓社會大眾會生起懷疑,對佛法、對所有宗教都會失去信心。失去信心,這個因果責任就太大了,失去信心就是經上講的斷人法身慧命,這比殺人身罪還重。你是斷他的法身慧命,果報都在地獄,非常可怕,這事情不能做。我們聽到毀謗,心裡趕緊念阿彌陀佛,不要讓其他東西干擾,保護自己的清淨心、平等心。實在不能忍受,避開;能夠忍受,在這裡念佛,他毀謗我們,我們念佛迴向給他,這就對了,希望減輕他的罪業。對人、對事、對物都要把事實真相搞清楚、搞明白,沒有搞清楚,沒有搞明白,就批評、就毀謗,很容易冤枉人。人要受了重大的冤枉,無處可以申冤,這個因果責任誰來承當?造作的人他現前不知道,死後他就明白了,那個時候後悔莫及。

  古聖先賢、諸佛菩薩、祖師大德都教我們,學佛要學忍辱波羅蜜,忍辱仙人是我們最好的榜樣。受什麼樣的委屈都不必說話,這樣消自己的業障,增自己的功德,不要去申冤,不要去報復,不可以。大乘,尤其是淨宗,心目當中看一切眾生都是佛,禮敬諸佛,稱讚如來,決定沒有毀謗。他毀謗我、侮辱我、陷害我,我還是感謝他,為什麼?替我消業障。我這一世沒有造那麼重的業,也許前世造了,多生多劫以前,保不住。歡歡喜喜的接受,什麼冤枉都願意承當,好,心上沒有事情,一句阿彌陀佛念到底,我們對這個世間什麼都不求,只求往生極樂世界。所以我們跟任何人都能處得很好,於人無爭,於世無求。有求有爭就有衝突,我們沒有求,沒有衝突,跟什麼人都沒有衝突,真的是清淨平等覺。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第七十四集)  2014/7/11 








Andaikata anda telah memahami dengan jelas, maka Alam Sukhavati adalah tujuan yang harus dicapai. Jodoh kita sungguh bagus, andaikata kesempatan ini terlewatkan, maka anda sudah melakukan kesalahan besar, kesalahan yang anda lakukan sepanjang hidup tidak ada yang lebih besar lagi daripada kesalahan ini.

Setelah memahaminya dengan jelas maka bulatkan tekad untuk harus merealisasikan tujuan ini, lepaskan semua kemelekatan pada dunia ini. Takkan bersaing dengan orang lain, jika kalian ingin berebutan, maka silahkan saja berebutan sendirian, jika kalian mau silahkan ambil saja semuanya, apapun tidak ingin saya kehendaki lagi.

Jika masih ada satu hal yang tidak dilepaskan maka akan menjadi rintangan bagi usaha terlahir ke Alam Sukhavati. Semuanya harus dilepaskan, tiada satu hal apapun yang ditaruh di hati, di hati hanya boleh ditaruh Buddha Amitabha, ini baru betul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2014


你要真正搞清楚、搞明白,極樂世界不能不去。我們現在這個緣分太好了,這個緣分要捨棄,那你叫真錯了,你這一生所犯的過錯沒有比這個更大的。真正搞清楚、搞明白,下定決心非去不可,這個世間全放下了。不跟人爭,你們要爭你們去爭去,你們要的全拿去,我全不要了。有一樁事情放不下,就是往生極樂世界的障礙。統統放下,沒有一樣放在心上,心上只放阿彌陀佛,就對了。

二零一四淨土大經科註  (第七十四集)  2014/7/11 

  







Setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah orang awam, tetapi begitu sampai di Alam Sukhavati, maka segera memperoleh pemberkatan dari 48 tekad agung Buddha Amitabha. Bukan hanya 48 tekad agung saja, bahkan jasa kebajikan yang dipupuk oleh Buddha Amitabha selama kalpa yang tak terhingga, seluruhnya akan dianugerahkan kepada dirimu, maka anda telah menjadi Bodhisattva Avaivartika. Bodhisattva Avaivartika adalah Bodhisattva Dharmakaya.

Maka itu, setiap saat Buddha Amitabha terus menerus menjelma, hingga menjadi tak terhingga dan tak terbatas, tubuh jelmaan yang tak terhitung dan tiada habisnya, menuju ke sepuluh penjuru alam untuk menjemput praktisi pelafal Amituofo yang telah tiba ajalnya. Setiap praktisi yang menghadapi saat menjelang ajalnya akan melihat Buddha Amitabha jelmaan, tanpa Buddha yang menuntun dirimu, anda takkan tahu di mana letak Alam Sukhavati, maka itu Buddha pasti akan datang membawamu pergi ke sana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2014 


每個往生到極樂世界的人,往生到極樂世界我們是凡夫,但是生到極樂世界,就得到極樂世界阿彌陀佛四十八願的加持。不但四十八願,阿彌陀佛無量劫修行的功德統統加持給你,你就變成了阿惟越致菩薩,阿惟越致就是法身菩薩。所以,彌陀無時無刻都在化身,化無量無邊、無數無盡之身,像這些菩薩化身,化身幹什麼?到十方世界去接引念佛往生的人。每個往生的人都見到佛的化身,沒有佛的化身,你不知道極樂世界在哪裡,所以他一定來帶你去。

二零一四淨土大經科註  (第七十四集)  2014/7/11