Di dalam sutra Mahayana tercantum bahwa setiap insan yang terlahir ke
Alam Sukhavati, pada kelahiran lampaunya selama kalpa yang tak terhingga dalam
setiap kelahirannya merupakan siswa Buddha, pada kelahiran sekarang ini bertemu
dengan pintu Dharma Sukhavati, memperoleh pemberkatan dari seluruh Buddha
Tathagata, praktisi ini dapat membangkitkan keyakinan dan tekad, melepaskan
semua kemelekatan, terlahir ke Alam Sukhavati.
Ucapan ini sungguh beralasan, maka itu kita harus tahu bahwa teori telah
menjabarkan dengan jelas, dalam kenyataannya kita harus begitu giat berusaha,
untuk apa? Melepaskan kemelekatan. Dengan melepaskan kemelekatan maka kita akan
menjadi Buddha; jika tidak sudi melepaskan, maka meneruskan berputar di enam
alam tumimbal lahir.
Jadi coba pikirkan apakah masih sudi berputar terus di enam alam
tumimbal lahir, atau lebih sudi melepaskan kemelekatan, terlahir ke Alam
Sukhavati, belajar dengan Buddha Amitabha? Yang namanya “perasaan” itu harus
dilepaskan, harta benda, rupa, ketenaran, keuntungan juga harus dilepaskan,
hingga akhirnya, jiwa raga semuanya juga harus dilepaskan, di dalam hati hanya
ada Amituofo, selain Amituofo takkan ada lagi yang lainnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2014
大乘經上告訴我們,每一個往生的人過去生中無量劫來生生世世都是佛弟子,這一生當中遇到這個法門,得一切諸佛如來的加持,他生起信心、生起願心,放下萬緣,他往生了。這話說得有道理。那我們自己要曉得,理上講得很清楚,事上我們自己要努力,努力做什麼?放下,沒有別的,放下就作佛去了;不放下,一定要知道,繼續搞六道輪迴。那我們想想,我們願意繼續搞六道輪迴,還是願意放下,往生極樂世界,親近阿彌陀佛?情執要放下,財色名利要放下,說到最後,身心世界一切放下,心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第七十五集) 2014/7/13
Harus senantiasa berdiam di dalam samadhi tidak muncul dan tidak lenyap,
samadhi adalah konsentrasi benar. Mata melihat rupa, tampak dengan jelas dan
dimengerti, namun takkan timbul niat pikiran, niat tidak timbul dan pikiran
tidak tergerak disebut samadhi, konsentrasi; melihat dengan jelas dan mengerti
adalah kebijaksanaan, mengamati. Orang awam begitu melihat rupa langsung
niatnya timbul dan pikirannya tergerak, membeda-bedakan dan melekat padanya,
ini disebut dengan tabiat tercemar, tabiat yang tercemar berat.
Enam landasan indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran)
mengadakan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-baun, rasa,
sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), niatnya timbul pikirannya tergerak, makan
juga mempermasalahkan rasa dan kandungan gizi, mengenakan pakaian
mempermasalahkan bahan kain, saat kini banyak orang yang mempedulikan merek,
ini menciptakan karma buruk.
Jika untuk diri sendiri, maka karma buruk yang diciptakan agak ringan
sedikit; jika sudah menyakiti orang
lain, maka karma buruk yang diciptakan sudah berat. Hari ini Direktur Gao ada
di sini, masih belum pergi, dia menyampaikan sebuah pesan padaku, pesan ini
adalah dari makhluk halus yang merasuki tubuh manusia, dia berkata bahwa anak
gadis yang berpakaian minim di luar, sehingga menimbulkan pikiran sesat pada
orang lain, buah akibatnya adalah jatuh ke neraka, ini adalah karma buruk.
Mungkin anda berkata saya tidak melakukan kejahatan apapun, tetapi anda
mengenakan pakaian yang terbuka adalah kejahatan, anda sendiri tidak tahu,
kelak saat jatuh ke neraka, sesal kemudian tak berguna, saat itu sudah
terlambat.
Apakah kita dapat menasehati
orang lain? Tidak sanggup, karena bila dinasehati malah akan mengundang
kebencian, mereka akan mengatakan kita orang kuno, sudah ketinggalan jaman. Ini
era apa? Era neraka, memang benar kita ketinggalan jaman.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2014
要常安住不生不滅諸三摩地,諸是多,三摩地是正定。眼見色,看得清清楚楚、明明白白,而沒有起心動念,不起心、不動念叫三摩地,定;看得清楚明瞭是智慧,照見。凡夫一見就起心動念、就分別執著,這個叫習染,習氣嚴重的染污。六根對六塵境界他起心動念,吃東西講求味道、講求營養,穿衣服講求質料,現在很多人講求名牌,這都是造業。為自己,造業比較輕一點;要傷害別人,造業重。高處長今天在此地,沒走,他給我一個信息,是附體眾生透的,女孩子在外面穿著很暴露,會引起別人邪思,果報都在地獄,這是惡業。妳說我沒做壞事,妳穿的衣服暴露就是壞事,妳自己不知道,將來墮地獄的時候後悔莫及,那時候遲了,來不及了。我們能不能勸人?不能勸,勸了她怨恨,她說我們是老古董,跟不上時代。這是什麼時代?地獄的時代,確實我們是沒有跟上。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第七十五集) 2014/7/13
Saat mata melihat rupa, timbul niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan,
menuruti keinginan sendiri timbul nafsu keserakahan, tidak hanya timbul nafsu
serakah, malah ingin memilikinya, menguasainya, ini akan menimbulkan kerisauan,
ini adalah pikiran telah tertumpu pada rupa, niat pikiran anda telah tergerak,
inilah yang disebut menciptakan karma. Karma ada yang baik dan ada yang buruk,
kisaran untuk karma baik berupa budi pekerti, kalangan Buddhisme menyebutnya
sebagai sila, di dalam standar ini disebut karma baik, karma baik akan berbuah
dengan kelahiran di tiga alam bajik, menikmati pahala perbuatan baiknya;
sedangkan karma buruk akan berbuah dengan kelahiran di tiga alam penderitaan.
Melihat harta benda, rupa, ketenaran dan keuntungan, maka bertindak
berlawanan dengan tata susila, bertentangan dengan kebenaran, anda hendak
memiliki dan menikmatinya, ini disebut karma buruk; dengan hati yang benar,
sesuai dengan aturan dan hukum, anda menguasainya, ini adalah karma baik. Tak peduli bagaimana tindakan anda,
kesimpulannya hanya satu kata, yakni menciptakan karma tumimbal lahir, tiga
alam baik dan tiga alam penderitaan adalah enam alam tumimbal lahir, ini hal
yang salah, mana boleh melakukannya?
Buddha dan Bodhisattva menjelma di dunia ini, enam landasan indria
(mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) mengadakan kontak dengan enam
kondisi luar (rupa, suara, bau-baun, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran),
takkan bertumpu, takkan menaruh semua keadaan ini di dalam hati, maka itu Dia
dapat mengajari para makhluk, segala urusan dapat diselesaikan dengan benar.
Kebenaran dibabarkan pada dirimu dengan jelas dan dipahami, namun di hatiNya
takkan ada jejak, yakni takkan menaruhnya di dalam hati, inilah yang disebut
dengan ketrampilan.
Praktisi yang melatih diri hingga memiliki ketrampilan, yakni
ketrampilannya telah efektif, ini sudah benar-benar ada manfaatnya. Bagaimana
yang disebut dengan ketrampilan yang telah efektif? Yakni takkan menciptakan
karma, kelahirannya yang mendatang pasti di Alam Sukhavati, pasti takkan bertumimbal
lahir lagi.
Tak peduli di dunia ini seberat apapun fitnahan yang diterima, kerugian
yang diterima, disakiti, juga takkan menaruhnya di dalam hati. Bila menaruhnya
di hati, maka ini yang disebut dengan karma buruk, mengapa demikian? Anda akan
timbul kebencian, anda akan berkeinginan membalas dendam, masalah ini akan
terus berlanjut setiap kelahiran dan kematian, tiada usainya, saling membalas,
ini sungguh disebut sesat.
Maka itu harus meneladani kesabaran Master Hai Xian, meskipun orang lain
menamparnya, beliau tetap bersabar ; meludahi wajahnya, tetap bisa bersabar,
tidak membuat perhitungan dengannya. Mengapa demikian? Tidak menciptakan karma
tumimbal lahir, tidak menaruhnya di dalam hati.
Ucapan Master Hai Xian ini adalah untuk disampaikan pada kita, sementara
hatinya tetap suci dan bersih, tiada sedikitpun noda; kesabaran yang
dimilikinya, hingga rupa kesabaran juga tidak ada, di hatinya begitu bebas,
berbahagia dalam Dharma.
Di dalam hatinya hanya ada sepatah Amituofo, selain itu tidak ada apa-apa
lagi, ini yang harus kita teladani.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2014
眼見色,你起心動念、分別執著,順自己的意思起貪愛,不但貪愛,還要進一步,要佔有它,想得到它,這就生煩惱,這就心住了相,你動了念頭,這是什麼?這叫造業。業有善惡,如果是善業,維繫在倫理道德,佛家講戒律,在這個標準裡頭叫做善業,善業感三善道,你來生之後三善道去享福,你造了善業;如果是惡業,來生就三惡道去了。遇到財色名利,違背了倫常,違背了義理,你佔有它、擁有它,叫造惡業;以正義的心,合情、合理、合法,你佔有它,這是善業。不管你是什麼業,總的一句話說你造輪迴業,三善道跟三惡道是輪迴業,錯了,怎麼可以幹這個事情?
佛菩薩應化在這世間,六根接觸六塵境界怎樣?無住,沒有把這個境界放在心上,所以他能夠教化眾生,他能夠處理得正確。理事給你講清楚、講明白,心裡痕跡都不著,就是說決定不能把它放在心上,這叫功夫。修行人到有功夫,就是功夫得力了,這真有受用。功夫得力什麼?不造業,他來生決定在西方極樂世界,他決定不再搞輪迴了。在這個世間無論受什麼樣的冤枉,吃什麼樣的虧,受什麼樣的傷害,都不放在心上。放在心上是惡業,為什麼?你會起怨恨,你會起報復,那就是生生世世沒完沒了,再報來報去,那真叫迷惑顛倒。所以要像老和尚一樣能忍,人家打他兩耳刮,能忍;吐他一臉唾沫,能忍,不跟他計較。這是什麼?不造輪迴業,根本不要放在心上。老和尚說那些話是給我們聽的,他自己心地乾乾淨淨,絲毫沒有染著。忍辱,連忍辱的相都沒有,他心裡多自在,法喜充滿。心裡只有一句佛號,除一句佛號之外什麼都沒有,這是我們要學習的。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第七十五集) 2014/7/13
Saya selalu berkata, apa yang saya katakan bukan kebohongan belaka, untuk
mengurai permasalahan adalah dengan cara berceramah, jangan menggunakan cara
lainnya. Saat kini negara memiliki saluran televisi, televisi bisa menyiarkan
siaran ceramah Dharma selama 24 jam, mereka yang berminat boleh menyaksikannya,
populasi penduduk semakin bertambah, saya percaya setengah hingga setahun ke depan,
seluruh permukaan bumi akan diliputi perdamaian, permasalahan apapun dapat
terselesaikan. Semoga setiap agama dapat keluar memberikan ceramah, maka akan
memperoleh manfaatnya.
Ini adalah peranan yang ditampilkan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita
semuanya. Apa yang dilakukan Beliau sepanjang hidupNya? Selain membabarkan
Dharma, tidak ada lagi yang dilakukanNya. Usia 30 tahun mencapai penerangan
sempurna, setelah itu mulai menyebarkan Dharma, usia 79 tahun wafat,
membabarkan Dharma selama 49 tahun, tiada seharipun terputus.
Bagaimanakah sosok Beliau? Beliau adalah pendidik, yang bergerak di
bidang pendidikan masyarakat multikultural, Beliau tidak mengutip uang sekolah,
tidak meminta diberikan persembahan, yang datang tidak ditolak, yang pergi juga
tidak ditahan, sepanjang hidup memberikan ajaran. Kita harus meneladaniNya. Apa
yang harus diteladani? MeneladaniNya menjadi sosok pendidik, setelah diri
sendiri telah berhasil belajarnya maka harus menerapkan ajaran yang dipelajari
dalam kehidupan keseharian, menerapkannya dalam pekerjaan, dalam menangani
masalah, memperlakukan orang lain dan makhluk lainnya, kemudian baru mengajar.
Saat kini cara terbaik untuk mengajar adalah televisi, menggunakan
internet, tidak ada halangan, begitu tersambung dengan internet langsung dapat
menyaksikannya, lebih praktis daripada
media lainnya. Sebuah negara yang menginginkan kestabilan dan keharmonisan,
mengurai peperangan, mengurai semua pertentangan, cara ini merupakan cara yang
menakjubkan. Ini adalah hal yang telah kami lakukan selama bertahun-tahun,
pengalaman ini kami bagikan kepada pimpinan negara di seluruh dunia.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2014
我常說,我說的不是假話,化解問題就是講經說法,不要搞別的。現在國家有電視,把講經說法搬到電視上,二十四小時都播放,有人喜歡看的就看,人愈來愈多,我相信半年到一年,整個地球太平了,什麼問題都解決了。希望每一個宗教都出來講經說法,就能收到效果。這是釋迦牟尼佛當年在世給我們做的表法。他一生幹什麼事情?除了講經說法他什麼也沒幹。三十歲開悟,開悟之後就教學,七十九歲圓寂的,講經說法四十九年,沒有一天中斷。他是個什麼樣的人?教育家,是一位義務多元文化社會教育的工作者。他不收人錢,不收學費,不求供養,來者不拒,去者不留,一生教學。我們要向他學習。學習什麼?學習教學,自己學成之後要把自己經教落實到生活、落實到工作、落實到處事待人接物,然後教學。現在教學最好的方法就是用電視、用網路,沒有障礙,人家打開電腦就看到,比什麼都方便。一個國家想安定、想和諧,想化解戰爭,化解一切衝突,這個方法第一妙法。這是我們做了這麼多年,把這個效果、經驗貢獻給每個國家領導人,每個地區領導人。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第七十五集) 2014/7/13